Kamis, 07 Maret 2013

Tentang Display Drumband

MELATIH DISPLAY DRUMBAND

Dalam dunia Drum Band,
Sebenarnya Display atau formasi
tidak selalu digunakan, semua
mengarah pada format
pertunjukan yang akan kita
lakukan. karena dalam Drum
Band kita mengenal format
pertunjukan Parade dan Display
showmansip (Formasi).
termasuk untuk kelas TK.
Dari pengalaman saya untuk
melatih display/formasi untuk
anak-anak TK memang butuh
kesabaran yang sangat-sangat
cukup, karena anda tahu sendiri
bagaimana tingkah laku anak-
anak kecil sekelas TK. kadang
ribut sendiri waktu kita
menjelaskan, kadang ngobrol
dengan temennya, kadang
nangis dll, pokoknya yang
membuat kita pusing lah. Tapi
Semua itu jika dijalankan
dengan terus-menerus dan
kesabaran serta tidak putus asa
saya yakin anda bisa
melakukannya.

Pertama
Kita harus doktrin anak-anak TK
untuk bisa menjalankan apa
intruksi kita dengan penjelasan
yang berulang-ulang. Tapi ingat
jangan sampe emosi ya.
Kedua
ajak anak-anak ke tempat yang
lapang untuk memulai formasi
awal yang kita inginkan.
Biasanya sih pada ribut, tidak
bisa rapi/tengak-tengok, dll.
Selalu beri peringatan kepada
anak yang agak susah diatur,
kalo perlu dekatkan muka anda
ke anak tersebut, bolehlah agak
marah dikiiitt. Hal itu dilakukan
supaya anak selalu ingat apa
yang anda peringatkan kepada
anak.
Ketiga
Setelah suasana agak bisa
dikendalikan mulailah gerakan
demi gerakan yang anda
inginkan. Boleh Kotak, Miring,
segitiga, pokonya usahakan
yang persegi, agar bentuk bisa
terlihat. Usahan jangan bentuk
yang melengkung. Seperti elips,
lingkaran, atau bentuk yang
melengkung lainnya. Karena
bentuk melengkung biasanya
jika diterapkan pada anak TK,
jadinya tidak karuan. Tapi kalo
bisa ya maksimalkan aja.
Keempat
Jika kita ingin bentuk 2 blok
artinya bentuk terdiri dari
kanan/kiri, atas/bawah, atau
yang lainnya, Usahakan Pada
waktu melakukan gerakan atau
waktu jalan menuju bentuk
yang kita inginkan, jangan
menginstuksikan ke-anak untuk
jalan bersamaan dengan blok
yang lain atau dengan kata lain
satu persatu menjalankan blok
nya, kecuali kalo anak sudah
paham maksut kita. karena jika
kita menginstruksian bersamaan
khawatir bentuk yang kita
inginkan akan amburadul, jika
anak sudah paham ya ga papa
sih.
Kelima
Ulangi semua yang telah
barusan di instruksikan minimal
2 kali ulangan. setelah anak-
anak hafal lanjutkan ke bentuk
selanjutnya. Perlu diingat juga
beri doktrin terus-menerus
kapan gerakan itu di jalankan,
dengan cara memberikan tanda
musik atau waktu bunyi apa
mereka harus jalan.
Keenam
Jika semua bentuk rancangan
anda sudah anda berikan dan
anak sudah agak hafal,
instruksikan ke anak untuk
menjalankam secara
keseluruhan. Selalu dampingi
bentuk-bentuk yang menurut
anda rawan amburadul. kalo
perlu tuntun anaknya untuk
melakukan bentuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar